Mata Pelajaran : Tafsir dan Ilmu Tafsir
A. Latar Belakang
Perubahan besar yang terjadi pada masyarakat dan bangsa Indonesia khususnya, serta masyarakat bangsa-bangsa di dunia pada umumnya menuntut adanya penyesuaian-penyesuaian tertentu dalam bidang pendidikan. Pendidikan tidak cukup lagi diselenggarakan secara tradisional, berjalan apa adanya tanpa target yang jelas dan prosedur pencapaian target yang terbukti efektif dan efisien. Kurikulum Berbasis Kompetensi yang merupakan ciri dari Kurikulum 2006, didesain untuk menjamin berlangsungnya proses pendidikan yang kondusif bagi berkembangnya potensi peserta didik, sehingga mereka mampu hidup mandiri dan harmonis di tengah-tengah masyarakat yang majemuk.
Sesuai dengan kerangka pikir di atas, Kurikulum Tafsir dan Ilmu Tafsir Madrasah Aliyah (MA) dikembangkan dengan pendekatan sebagai berikut :
1. Lebih menitikberatkan target kompetensi daripada penguasaan materi.
2. Lebih mengakomodasi keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia.
3. Memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan.
Kurikulum Tafsir dan Ilmu Tafsir yang dikembangkan dengan pendekatan tersebut diharapkan mampu meneguhkan keimanan dan meningkatkan ketakwaan terhadap Allah Swt., kecakapan hidup, kemampuan bekerja dan bersikap ilmiah, sekaligus menjamin pengembangan kepribadian bangsa Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia.
B. Tujuan
Pembelajaran Tafsir dan Ilmu Tafsir di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk :
1. Meningkatkan kemampuan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang Ilmu Tafsir, sehingga dapat membekali mereka dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar, penuh tanggungjawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Menjadikan cendekiawan muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt., serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Tafsir dan Ilmu Tafsir adalah mata pelajaran yang memberikan bekal kepada para peserta didik untuk memahami Al-Qur’an, sebagai sumber ajaran Islam dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun ruang lingkup atau bahan kajian mata pelajaran Tafsir dan Ilmu Tafsir meliputi :
1. Ilmu Tafsir secara garis besar yang disajikan secara ringkas meliputi :
a. Pengertian Al-Qur’an, wahyu dan ilham
b. Nuzul Al-Qur’an dan pemeliharaannya
c. Ayat/surat Makkiyah dan Madaniyah
d. Asbab al-Nuzul
e. Tafsir, Ta’wil dan Terjemah
f. Tafsir Al-Qur’an dan aspek-aspek yang berkaitan dengan tafsir Al-Qur’an
g. Periodisasi Tafsir Al-Qur’an
2. Tafsir Al-Qur’an dari ayat-ayat pilihan yang disajikan secara sistematis, meliputi :
a. Sifat-sifat Allah (Maha Melihat, Maha Mengetahui)
b. Balasan amal perbuatan
c. Keadilan dan kebenaran
d. Tugas dan status manusia
e. Etika pergaulan
f. Sifat-sifat terpuji
g. Giat bekerja
h. Pendayagunaan harta kekayaan
i. Makanan dan gizi
j. Minuman keras
k. Akal dan ilmu pengetahuan
l. Derajat orang yang berilmu
m. Alam semesta dan kesejahteraan manusia
n. Karunia Allah
o. Lingkungan hidup
p. Persatuan dan persaudaraan
q. Penyelesaian perselisihan dan problema
r. Musyawarah dan ta'aruf
s. Kepemimpinan
t. Pembinaan pribadi dan keluarga
u. Pembinaan masyarakat
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Mampu memahami dan meyakini Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam, dan mengidentifikasi ilmu-ilmu yang dapat membantu dan diperlukan dalam memahami dan menafsirkan Al-Qur’an. | 1.1. Menjelaskan pengertian Al-Qur’an, Wahyu dan Ilham. 1.2. Mengidentifikasi kemurnian Al-Qur’an dan usaha-usaha pemeliharaan atas kemurniannya. 1.3. Menjelaskan ayat/surat Makkiyah dan Madaniyah. 1.4. mengidentifikasi ayat dan surat dalam Al-Qur’an 1.5. Memahami peran penting Asbab al-Nuzul Qur’an dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an. 1.6. Menjelaskan aspek-aspek yang berkaitan dengan Tafsir Al-Qur’an. |
2. Mampu menganalisis sejarah penafsiran Al-Qur’an sejak masa Nabi, sahabat, tabi’in, hingga masa tadwin. | 2.1. Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode Nabi SAW. 2.2. Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode sahabat. 2.3. Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode tabi’in. 2.4. Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode tadwin (pembukuan) |
3. Mampu memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang sifat-sifat Allah, balasan amal perbuatan, menerapkan keadilan dan kebenaran, tugas dan status manusia, dan mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari. | 3.1. Menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkenaan dengan sifat-sifat Allah, mencakup : o Q.S. Al-Hujurat : 18 o Q.S. Fushilat : 40 o Q.S. Al-Mujadalah : 7 o Q.S. At-Tagobun : 4 3.2. Mengamalkan perbuatan-perbuatan baik, menjauhi perbuatan buruk, dan dorongan untuk berprestasi mencakup : o Q.S. Qashahs : 84 o Q.S. An-Nisa : 85 o Q.S. An-Nahl : 97 o Q.S. At-Taubah : 71 o Q.S. An-Nisa : 95 3.3. Menerapkan sikap adil dan menegakkan kebenaran dalam perilaku sosial, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 58 o Q.S. An-Nisa : 135 |
Kelas : XI
Semester : II
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
4. Mampu memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang kebenaran yang hakiki, memiliki sikap rendah diri dan menyadari keterbatasan kemampuan manusia | 4.1. Meyakini bahwa kebenaran datang dari Allah, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 105 o Q.S. Al-Kahfi : 29 4.2. Menunjukkan sikap rendah diri dan tidak sombong, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 1 o Q.S. Al-Mu’minun : 12-16 4.3. Menyadari keterbatasan kemampuan manusia, mencakup : o Q.S. Al-Isra : 85 |
5. Mampu memahami dan mengamalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang etika pergaulan, gemar tolong menolong, dan sifat-sifat terpuji. | 5.1. Menerapkan etika pergaulan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mencakup : o Q.S. Al-Maidah : 2 o Q.S. Al-Mujadalah : 5-6 5.2. Membiasakan diri untuk gemar tolong menolong, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 114-115 o Q.S. Al-Hujurat : 13 5.3. Menunjukkan sifat-sifat kepribadian yang terpuji, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 86 o Q.S. Al-Mujadalah : 11 |
6. Mampu memahami dan menghayati ayat-ayat Al-Qur’an tentang dorongan untuk giat bekerja dan mencari rizki dengan cara yang halal, dan pendayagunaan harta kekayaan | 6.1. Menunjukkan sikap semangat giat bekerja dan mencari rizki dengan cara yang halal, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 29-30 6.2. Mendeskripsikan ketentuan dan tata cara pendayagunaan harta kekayaan, mencakup : o Q.S. Q.S. Al-Baqarah : 261-264 o Q.S. Al-Isra : 26-29 |
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Mampu memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan menyadari bahaya minuman keras. | 1.1. Mengetahui makanan yang halal, dan bergizi, mencakup : o Q.S. Al-Baqarah : 172-173 o Q.S. Al-Maidah : 87-88 1.2. Menyadari pentingnya makanan sehat dan bergizi, mencakup : o Q.S. An-Nahl : 66 o Q.S. An-Nahl : 68-69 1.3. Menghindari bahaya minuman keras dan perbuatan keji, mencakup : o Q.S. Al-Baqarah : 219 o Q.S. Al-Maidah : 90-91 |
2. Mampu memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pendayagunaan akal fikiran dengan baik, menyadari pentingnya pengembangan ilmu, dan meman-faatkan alam semesta bagi kehidupan manusia. | 2.1. Mendayagunakan akal fikiran dengan baik, mencakup : o Q.S. Ali Imran : 190-191 o Q.S. Fathir : 27-28 2.2. Menyadari pentingnya pengem-bangan ilmu pengetahuan, mencakup : o Q.S. Al-Alaq : 1-5 o Q.S. Fushilat : 53-54 2.3. Memanfaatkan alam semesta bagi kesejahteraan hidup manusia, mencakup : o Q.S. Al-Baqarah : 29 o Q.S. Al-Jatsiyah : 12 |
3. Mampu menghayati dan menyakini ayat-ayat Al-Qur’an tentang, mensyukuri karunia Allah pada alam semesta, keharusan memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, pembinaan persatuan dan persaudaraan. | 3.1. Menunjukkan sikap syukur terhadap nikmat karunia Allah pada alam semesta, mencakup : o Q.S. Al-An’am : 141-142 3.2. Memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, mencakup : o Q.S. An-Nahl : 112 o Q.S. Ar-Rum : 41 o Q.S. Saba : 15 3.3. Menunjukkan sikap persatuan dan persaudaraan, mencakup : o Q.S. Ali Imran : 103 o Q.S. Al-Hujarat : 10 |
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
4. Mampu menghayati dan menyakini ayat-ayat Al-Qur’an tentang tata cara menyelesaikan perselisihan, membiasakan musyawarah, dan menerapkan konsep taaruf dalam kehidupan. | 4.1. Memerapkan tata cara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik, mencakup : o Q.S. Ali Imran : 159 o Q.S. Al-Hujurat : 9 4.2. Membiasakan musyawarah dalam menghadapi masalah dan saling pengertian, mencakup : o Q.S. Asy-Syura : 38 4.3. Mendeskripsikan konsep ta’aruf dalam kehidupan, mencakup : o Q.S. Al-Hujurat : 13 |
5. Mampu memahami dan menghayati ayat-ayat Al-Qur’an tentang kepemimpinan, tugas dan tanggungjawab pemimpin, dan mengidentifikasi syarat-syarat pemimpin. | 5.1. Menjelaskan eksistensi kepemimpinan, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 59 o Q.s. Al-Baqarah : 247 o Q.S. Ali Imran : 26 5.2. Menyebutkan tugas dan tanggungjawab pemimpin, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 58 5.3. Mengidentifikasi syarat-syarat pemimpin, mencakup : o Q.S. An-Nisa : 144 o Q.S. Al-Maidah : 57 o Q.S. At-Taubah : 71 |
6. Mampu memahami dan meng-hayati ayat-ayat Al-Qur’an tentang pembinaan pribadi dan keluarga, serta pembinaan masyarakat secara umum. | 6.1. Meningkatkan kemauan dan kemampuan membina diri pribadi dan keluarga, mencakup : o Q.S. At-Tahrim : 6 o Q.S. An-Nisa : 9 o Q.S. Al-Baqarah : 44-45 6.2. Memiliki kemauan dan kemampuan membina masyarakat dan memahami sikap sebagai da’i, mencakup : o Q.S. Ali Imran : 104 o Q.S. An-Nahl : 125 o Q.S. Al-Baqarah : 177 |
REFERENSI
a. Ilmu Tafsir
1. Departemen Agama Republik Indonesia, 1994, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Bumi Restu, Jakarta.
2. Manna al-Qathan, 1983, Mabahits fi Ulum Al-Qur’an
3. Drs. Rosihon Anwar, M.Ag., 2000, Ulumul Qur’an
4. Drs. Muhith Ruba’i dan Ahmad Amin, 1993, Al-Tafsir wa Ulumuhu, untuk MAK.
5. Drs. H. Ahmad Syadali, M.A., dan Drs. Ahmad Rofi’i, Ulumul Qur’an
b. B. Tafsir
1. Ahmad Mustofa Al-Maraghi, 1984, Tafsir Al-Maraghi
2. Abu Al-Fida Ismail bin Katsir, 1994, Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim (Ibnu Katsir)
3. Jalaluddin Al-Suyuthi dan Jalaluddin Al-Mahally, 1995, Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim, (Jalalain)
4. Drs. Muhith Ruba’i dan Ahmad Amin, 1993, Al-Tafsir wa Ulumuhu, Untuk MAK.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Mata Pelajaran : Tafsir / Ilmu Tafsir
Setelah selesai mengeikuti mata pelajaran tafsir dan Ilmu Tafsir di Madrasah Aliyah Program Keagamaan, maka lulusan diharapkan :
1. Mampu mengenali pokok-pokok Ilmu Tafsir, sehingga dapat dijadikan bekal dasar dalam memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an, serta dijadikan pondasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
2. Mampu memahami dan menghayati Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam, dan mengidentifikasi ilmu-ilmu yang dapat membantu dan diperlukan dalam memahami dan menafsirkan Al-Qur’an.
3. Mampu menganalisis sejarah penafsiran Al-Qur’an, sejak masa Nabi, sahabat, tabi’in dan masa tadwin.
4. Mampu memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang sifat-sifat Allah, balasan amal perbuatan, keadilan dan kebenaran, serta tugas dan status manusia.
5. Mampu memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang etika pergaulan, sifat-sifat terpuji, dorongan untuk giat bekerja, pendayagunaan harta kekayaan, makanan dan gizi, minuman keras, akal dan ilmu pengetahuan, dan derajat orang-orang yang berilmu.
6. Mampu menghayati dan meyakini ayat-ayat Al-Qur’an tentang manfaat alam semesta bagi kehidupan manusia, mensyukuri karunia Allah pada alam semesta, keharusan memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, pembinaan persatuan dan persaudaraan, penyelesaian perselisihan, musyawarah dan taaruf.
7. Mampu memahami dan menghayati ayat-ayat Al-Qur'an tentang kepemimpinan, tanggungjawab pemimpin, syarat-syarat pemimpin, pembinaan pribadi dan keluarga, serta pembinaan masyarakat secara umum.
STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
MADRASAH ALIYAH
PROGRAM KEAGAMAAN
Mata Pelajaran : Tafsir dan Ilmu Tafsir
Untuk :
Kelas XI dan XII
DIREKTORAT PENDIDIKAN MADRASAH
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
DEPARTEMEN AGAMA
REPUBLIK INDONESIA
TAHUN 2006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar